Rabu, 13 Agustus 2014

Bangil City



Bangil adalah sebuah kota Kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Pasuruan, provinsi Jawa timur, Indonesia. Saat ini mendapat julukan sebagai Bangkodir atau Bangil Kota Bordir, yang dicanangkan sejak tanggal 11 september 2015.
Bangil sendiri terletak di antara jalan akses dari Surabaya menuju Banyuwangi dan Bali , serta mempunyai jalur alternatif yang bisa menghubungkan kita dengan cepat ke Pandaan Sukorejo serta Malang.


ADAT
Bangil juga dijuluki sebagai kota santri, karena di bangil juga banyak pondok pesantren. Sehingga Kota bangil memiliki adat dan budaya yang kental dengan nuansa islam. Salah satunya adalah Hadrah. Biasanya hadrah ditampilkan ketika ada pengajian, tasyakuran, maupun acara-acara pemerintahan. Ya meskipun bangil agak kecil, tapi bangil mempunyai berbagai suku dan etnis , diantara nya Arab,India,Bali,Jawa,Banjar,Tionghowa,Madura dll.


MAKANAN KHAS
Nasi Punel hanya dijumpai di Bangil. Awalnya merupakan nasi yang dijajakan oleh penjualnya keliling kampung. Karena peminat dan penikmatnya terus meningkat maka beberapa penjual akhirnya mendirikan depot Nasi Punel di pinggir jalan utama Bangil. Ada depot Setia Budi di Timur Stasiun Bangil. Depot Nasi Punel Hj. Lin di Jalan Jaksa Agung Suprapto, depan Masjid Manarul. Nasi Punel Putri Bu Nik, serta Nasi Punel Spesial Bu Dahlia, di Latek,  Bangil Timur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar